Whooila!
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.
Whooila!

Whooila! adalah tempat ngobrol santai
 
IndeksIndeks  Latest imagesLatest images  PendaftaranPendaftaran  Login  
Belum terdaftar di Forum Whooila! [Daftar Sekarang!!] // Mau Liat yang aneh-aneh?? Klik Disini!!

Bagikan
Share | 
 

 Sejarah Scuderia Ferrari - [Whooila!]

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
Zax99
[V.I.P Member]
Zax99

Jumlah posting : 126
Points : 625
Reputation : 0
Join date : 28.02.10
Lokasi : Anywhere i want...

Sejarah Scuderia Ferrari Vide
PostSubyek: Sejarah Scuderia Ferrari   Sejarah Scuderia Ferrari EmptyThu Mar 11, 2010 7:32 pm

Scuderia Ferrari merupakan nama untuk Gestione Sportiva, salah satu divisi dari pabrikan mobil Ferrari yang bergerak di bidang balap mobil, khususnya Formula Satu. Selain dalam bidang itu, Scuderia Ferrari dan Ferrari Corse juga melayani kebutuhan para pelanggan untuk mobil kategori jalan raya. Scuderia Ferrari merupakan bahasa Italia untuk "Ferrari Stable", atau yang lebih terkenal dalam bahasa Inggris secara luas: "Team Ferrari." Tim balap ini (beserta pabrikan mobil untuk kategori jalan rayanya) merupakan anak perusahaan dari FIAT Group yang juga membawahi pabrikan sepeda motor Ducati, klub sepakbola Juventus, dan pabrikan mobil Maserati.

Ferrari pertama kali berkompetisi di F1 pada musim 1948 dengan menggunakan mobil F1 pertama mereka, Tipo 125 F1. Hal ini membuat Ferrari menjadi tim tertua dan paling sukses yang berlaga di kompetisi jet darat. Pembalap mereka saat ini yang akan turun penuh untuk musim 2010 adalah Fernando Alonso dan Felipe Massa. Masa jaya Ferrari adalah pada tahun 2000-2004 yang saat itu diperkuat oleh legenda hidup F1 asal Jerman, Michael "Schumi" Schumacher. Presiden Ferrari saat ini adalah Luca Cordero di Montezemolo, dengan CEO Jean Todt, team principal Stefano Domenicali, yang merupakan kakak dari team principal Ducati MotoGP, Claudio Domenicali. Direktur teknik tim dipegang oleh Aldo Costa. Tim ini dijuluki sebagai "tim kuda jingkrak", dan di Italia, tim ini sudah seperti agama, yaitu tak memandang bulu dari mana mereka berasal, apakah dari Roma, Milan, atau Turin, semua hanya satu tujuan: demi kemenangan Ferrari.


Awal mula

Scuderia Ferrari didirikan oleh Enzo Ferrari pada 1929 sebagai sponsor untuk beberapa pembalap amatir dalam berbagai balapan. Enzo sendiri, yang juga menjadi pembalap pada saat itu menggunakan mobil Fiat sebagai alat balapannya. Ide ini datang pada malam hari tanggal 16 November di Bologna, ketika Enzo bersantap malam bersama dua bersaudara Augusto dan Alfredo Caniato, dan pembalap Mario Tadini. Mereka lantas membangun tim dengan mobil Alfa Romeo dimana Enzo terus membalap sampai akhirnya putranya yang bernama Dino lahir di 1932.

Enzo Ferrari lantas menjadi manajer untuk beberapa pembalap dan juga menjadi pencari bibit-bibit baru pembalap muda dari kantornya di Viale Trento e Trieste, Modena, Italia, sampai 1938, dimana saat itu Alfa Romeo memutuskan untuk menarik Enzo sebagai manajer untuk divisi balapnya yang dinamakan Alfa Corse. Pada 1939 Enzo keluar dari Alfa sambil kemudian ia mendirikan perusahaan balapnya yang dinamakan Auto Avio Costruzioni Ferrari, dengan alat-alat bekas yang ia dapatkan dari perjanjian dirinya dengan Alfa dimana ia bisa mendapatkan sisa-sisa mobil Alfa Romeo yang tidak mengikuti balapan.

Selain menandatangani kontrak dengan Alfa, Ferrari juga bekerja sendiri untuk memperbesar tim balapnya, dimana Enzo lantas merancang the Tipo 815 (V8 1500cc) bersama Alberto Massimino, yang kemudian mobil ini dikenal sebagai mobil Ferrari pertama. Tetapi setelah Alberto Ascari dan Marchese Lotario Rangoni Machiavelli di Modena mengemudikan mobil tersebut dalam ajang 1940 Mille Miglia, Perang Dunia II memutus semua kegiatan balapan, dan mobil 815 terpaksa diistirahatkan. Ferrari lantas ganti haluan memproduksi alat-alat suku cadang mobil balap, dan pada 1943 Enzo memindahkan markasnya ke Maranello, dimana pada 1944 tempat tersebut sempat kejatuhan bom PDII.

Peraturan untuk Grand Prix World Championship berubah sejak perang usai. Dan hal ini membuat Ferrari harus membuat lagi mobil baru, yang kemudian dinamakan Tipo 125 (V12, 1500cc), yang kemudian berhasil memenangi beberapa balapan. Mobil ini memulai debut di GP Italia 1948 dengan pembalap Raymond Sommer, dan meraih kemenangan perdananya di Circuito di Garda bersama Giuseppe Farina.


Serba-serbi tim


Logo

Logo Ferrari yang bernama (dalam bahasa Italia) "Cavallino rampante" (alias rampant little horse), yang merupakan sebuah kuda jantan sedang berjingkrak dalam area warna kuning. Logo ini konon diambil Enzo Ferrari dari logo resmi kota Stuttgart Jerman, yang merupakan rumah dari Porsche yang dulu sempat menjadi rival abadi Ferrari. Gambar kuda yang muncul dalam logo Ferrari merupakan ciri khas dari Francesco Baracca, seorang pilot Perang Dunia I yang tewas dalam perang tersebut. Ibu Baracca lantas menyerahkan gambar kuda tersebut pada Enzo setelah Baracca meninggal. Enzo lantas mengabadikannya sebagai logo untuk tim balapnya, dengan ditambahkan sebuah area perisai berwarna kuning, yang merupakan warna khas kota Modena, dengan huruf S dan F yang menandakan inisial Scuderia Ferrari. Rampate sendiri dalam bahasa Italia berarti ketangguhan dari singa dan kuda. Simbol dari kekuatan, vitalitas, dan tenaga.


Markas

Tim Scuderia Ferrari berbasis di kota Maranello, Italia, 18km dari kota Modena, bersebelahan dengan pabrik mobil jalan rayanya. Enzo Ferrari lahir di kota ini, dan menghabiskan masa remajanya di kota tersebut. Selain markas di Maranello, tim Ferrari juga memiliki sebuah sirkuit tes pribadi, yaitu Fiorano yang dibangun sejak tahun 1972, dan sampai saat ini masih tetap digunakan sebagai tempat tes baik untuk mobil jalanan ataupun untuk mobil balap. Modena sendiri merupakan sebuah kota di region Emilia-Romagna di Italia.

Balapan Grand Prix Italia di sirkuit Monza, Milano merupakan balapan kandang bagi tim Ferrari, setiap kali balapan digelar disana, seluruh fans Ferrari dari seantero Italia dating memenuhi sirkuit, dan mereka kerap membuat fans-fans tim lain ketakutan atau terlibat dalam kerusuhan layaknya pendukung sepakbola dengan beragam aksi dan tindakan-tindakan fanatisme yang tidak ada tandingannya di negara-negara lain.

Selain Monza, Ferrari juga memiliki penuh sirkuit Mugello (yang saat ini digunakan sebagai tempat berlangsungnya balapan MotoGP Italia), dan sirkuit Autodromo Dino e Enzo Ferrari (Imola) di dekat kota Bologna (markas Ducati) yang sempat menjadi tuan rumah GP San Marino sampai tahun 2005. Kedua sirkuit tadi kerap digunakan Ferrari sebagai tempat tes pribadi untuk mobil F1 mereka.


Sponsorship

Sejak tahun 1950 sampai awal tahun 1977, seluruh mobil F1 Ferrari sama sekali polos, alias tidak dipenuhi logo sponsor. Musim 1977 menjadi musim awal bagi sejarah sponsorship Ferrari, dimana mereka saat itu disponsori oleh FIAT Group (yang telah menjadi pemilik Ferrari sejak 1969). Sampai dekade 1980-an, hanya Magneti Marelli dan Agip yang setia menjadi sponsor Ferrari, itupun hanya dalam sebatas pemasok alat-alat teknis dan pemasok bahan bakar.

Satu hal yang menarik, perusahaan-perusahaan yang ada di atas mobil F1 Ferrari (atau menjadi sponsor dari tim Ferrari) juga akan kita temui pada badan dari sepeda motor Ducati MotoGP, dikarenakan kedua tim ini memang masih satu induk yaitu dari FIAT Group, yang lucunya malah menjadi sponsor utama dari tim Yamaha MotoGP.



Sponsor utama


Tim Ferrari pertama kali disponsori oleh merek rokok Marlboro sejak musim 1984, dimana Marlboro juga menjadi sponsor bagi tim McLaren. Marlboro secara resmi menjadi sponsor utama Ferrari sejak musim 1997. Pada akhir 2005, Ferrari mengumumkan bahwa mereka telah memperpanjang kontrak sponsorship dengan Marlboro (Philip Morris) sampai musim 2011. Di saat itu juga, pelarangan semua bentuk sponsorship berbau rokok mulai diterapkan di Eropa, dan beberapa tim F1 memutuskan untuk mengakhiri kontrak sponsor mereka dengan pabrikan rokok (seperti McLaren dengan West dan Renault dengan Mild Seven). Diperkirakan setiap tahunnya, Ferrari mendapatkan suntikan dana segar sebesar 1 miliar dollar dari Marlboro.

Meskipun secara resmi kontrak dengan Marlboro akan berakhir di 2011, tim Ferrari saat ini telah berhasil mendapatkan sponsor lain yang tak kalah besarnya. Mulai 2010 seiiring duduknya Fernando Alonso di kursi pembalap, Grupo Santander akan menjadi sponsor besar kedua Ferrari setelah Marlboro. Kesepakatan kontrak Ferrari dan Santander akan berlangsung selama lima musim.Setiap tahunnya, Ferrari akan mendapatkan dana sebesar hampir 40 juta dollar.

Pada Desember 2005, Vodafone mengumumkan bahwa mereka akan berhenti menjadi sponsor Ferrari karena tergiur dengan tawaran menjadi sponsor utama McLaren mulai tahun 2007. Inti dari mundurnya Vodafone sebagai sponsor Ferrari adalah karena Ferrari lebih mengistimewakan Marlboro sebagai sponsor utama dengan cara memperbanyak lahan stiker mereka diatas mobil.Sebagai pengganti Vodafone, Ferrari lantas mengumumkan bahwa Alice akan menjadi sponsor Ferrari mulai musim 2007.


Sponsor lain


Perusahaan-perusahaan lain yang juga saat ini menjadi sponsor Ferrari antara lain: Shell - Royal Dutch/Shell Group, Bridgestone, Acer, Etihad Airways, dan beberapa lainnya termasuk Mubadala Development Company (sebuah perusahaan investasi asal Abu Dhabi yang juga memiliki 5% saham Ferrari sejak 2007). Sebagai bagian dari kesepakatan dengan Acer, Ferrari lantas memperbolehkan Acer untuk meluncurkan paket PC desktop dan laptop dengan logo resmi Ferrari. Perusahaan prosesor komputer terbesar kedua di dunia, AMD juga menjadi sponsor Ferrari, dan kemudian mereka bekerja sama dengan Acer untuk meluncurkan beberapa seri laptop dengan desain memakai logo Ferrari.

Selain sponsor, Ferrari juga memiliki beberapa pemasok resmi, yaitu: Magneti Marelli, OMR, SKF, Europcar, Iveco, NGK, Puma, Tata Consultancy Services, Brembo, BBS Kraftfahrzeugtechnik AG, SELEX Communications, Technogym, Schuberth dan Microsoft.

Semoga bermanfaat...
hore
Kembali Ke Atas Go down
kuyanto
Whooila! Army
kuyanto

Jumlah posting : 64
Points : 0
Reputation : 0
Join date : 16.12.10
Lokasi : mangga dua

Sejarah Scuderia Ferrari Vide
PostSubyek: Re: Sejarah Scuderia Ferrari   Sejarah Scuderia Ferrari EmptyThu Dec 16, 2010 11:49 am

muantap's
Kembali Ke Atas Go down
http://ayulianto299@gmail.com
 

Sejarah Scuderia Ferrari

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Whooila! :: Yuk Yak Yuk! :: Olahraga-


Create a forum on Forumotion | ©phpBB | Free forum support | Report an abuse | Latest discussions